Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa mati, sedang ia tidak pernah berjihad dan tidak mempunyai keinginan untuk jihad, ia mati dalam satu cabang kemunafikan." Muttafaq Alaihi.

Idul Adha, Waktunya Belajar Ikhlas!


Alhamdulillah, hari raya Iduladha datang lagi! Whuaah bakal ngelihat sembelihan hewan lagi nih. Eits, tapi beneran gak sih Sahabat KeKeR pada ngerti makna Idul Kurban yang sebenarnya? Soalnya, guys, gak cuma asal ngurban. Tapi ada pesan yang sejatinya diambil oleh umat muslim dari momen Iduladha setiap tahun.

Terkisah dalam Alquran di mana ketaatan seorang hamba kepada Allah swt diuji. Nabi Ibrahim as menyiratkan kecintaannya kepada Sang Penciptanya lebih besar dari rasa sayang kepada anak yang sedari lama Nabi Ibrahim as nantikan.

Anyway, masih ingat kan kisah ini? Kalau gitu lihat aja yuks penuturan beberapa Sahabat KeKeR seputar penalaran mereka akan makna Iduladha. Hmm, kata Sukma, siswi SMKN 1 Bungoro, Pangkep, Iduladha mengajari seseorang untuk cinta kepada Sang Khalik. Kisah Nabi Ibrahim, lanjutnya, semestinya menjadi teladan.

"Selain itu, saya juga meyakini ada rasa saling memberi. Hewan sembelihan kan dibagi-bagi kepada masyarakat. Biar satu rasa. Yah nilai sosial lah," tuturnya. Yups pinter deh. Sahabat KeKeR yang lain ngerasain hal yang sama gak yah?

"Insya Allah. Rasa saling memberi itu juga ngelahirin ketulusan, keikhlasan dan persatuan," timpal siswi SMAN 2 Makassar, Iin. Cerminan betapa berharganya nyawa manusia juga disiratkan, kata Iin. "Seperti digantinya tubuh Nabi Ismail dengan domba. Artinya Islam sangat menghargai nyawa manusia," terangnya.

Whaaahh.. banyak banget yah pelajaran yang bisa dipetik. Dari sosial dan ketulusan serta keikhlasan mencintai Allah swt. Eh, saat baca KeKeR sudah ngelihat proses sembelih gak nih? Well, Met Hari Raya Idul Adha yah! (rm1)

Ikhwah baca juga yang ini



1 komentar:

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright MTNI ONLINE © 2009 Dakwatuna |Designed by faris vio|Modified by Ismi Ikhwanfillah |Converted to blogger by Team Redaksi Blogger MTNI ONLINE